Web Blog Pertama Penyedia Informasi Maluku Tenggara

Selasa, 28 April 2009 – 13:22 wib
Tual – Sebanyak 35 rumah penduduk terendam air laut sedangkan tiga lainnya rusak berat. Musibah ini terjadi akibat gelombang pasang di Desa Ohoirenan Kecamatan Kei Besar Selatan Kabupaten Maluku Tenggara (Malra), Provinsi Maluku, Selasa (28/8/2009).

Tidak ada korban jiwa dalam musibah ini namun sebuah puskesmas pembantu juga terencam air laut. Gelombang setinggi tiga sampai empat meter yang berkecamuk sejak 12 jam terakir ini, membuat lebih seratus warga menyingkir ke tempat yang lebih aman. Mereka juga berusaha membawa harta benda yang bisa diselamatkan.

Kepala Desa Ohoirenan Yustus Ubra memimpin warganya membantu menyelamatkan para korban. Selain itu, diapun naik ke bukit setinggi 100 meter untuk bisa mencapai area sinyal telepon. Dari tempat itu ia bisa bicara dengan wartawan dan juga pejabat pemerintah setempat.

Dari tempat kejadian, siang ini Ubra melaporkan, kampungnya bisa terendam air laut akibat jebolnya talud di bibir pantai sepanjang 300 meter. Talud yang lebarnya lima meter itu, tiga meternya sudah termakan abrasi. Sisa dua meter jebol di sana-sini dan air menyerbu ke rumah yang dibangun di atas air.

“Sejak kemarin angin kencang dan gelombang tinggi lebih tiga meter. Talud jebol sehingga air masuk rumah penduduk,” katanya.

MENCEMASKAN

Selain musibah di kampung Ohoiwait, gelombang laut juga telah menyebabkan ruas jalan antara Desa Ohoiwait ke Desa Ohoiren mengalami abrasi berat. Ruas jalan sepanjang 200 meter dan lebar 12 meter, lebih separuhnya rusak. Bagian yang masih utuh tinggal lima meter.

Ubra kepada okezone mengaku cemas memikirkan nasib saudara-saudara lainnya di kampung tetangga.

Sebab, di pantai timur Kei Besar yang langsung berhadapan dengan Laut Banda, gelombang besar masih terus berkecamuk. Padahal, puluhan kampung sepanjang pantai juga memiliki karakter yang sama yakni rumah di bibir pantai. (Rudi Fofid/Koran SI/fit)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Awan Tag

%d blogger menyukai ini: