Web Blog Pertama Penyedia Informasi Maluku Tenggara

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Maluku Tenggara (Malra) Josep Renyaan melaporkan tiga anggotanya; Lutfi Akbar Yahir, Engelbertus Dumatubun dan Rahayaan Abidin ke Polres Malra.

Ambon-Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Maluku Tenggara (Malra) Josep Renyaan melaporkan tiga anggotanya; Lutfi Akbar Yahir, Engelbertus Dumatubun dan Rahayaan Abidin ke Polres Malra.

Langkah hukum ini dilakukan, lantaran ketiganya membuat surat atas nama KPU Malra yang isinya memberhentikan Renyaan dari jabatannya dan digantikan oleh Rahayaan Abidin.

“Klien saya telah melaporkan tiga anggotanya yang telah memalsukan surat atas nama lembaga KPU dan surat itu diduga palsu,” tandas kuasa hukum Renyaan, Aris Russel saat mendatangi redaksi Siwalima, Selasa (8/12).

Laporan yang disampaikan ke Polres pada tanggal 1 Desember 2009, sesuai dengan laporan polisi nomor LP/26/K/XII/2009/SPK yang diterima oleh Bripda Th Tunay.

Dijelaskan, pada Sabtu (12/9) lalu, tiga orang anggota KPU tersebut mengadakan rapat pleno. Yang hadir saat itu, hanya tiga orang anggota KPU yaitu Lutfi Akbar Yahir, Engelbertus Dumatubun dan Rahayaan Abidin.

Dari hasil rapat pleno tersebut muncul satu buah surat dengan nomor 270/163/KPU-IX/2009, dimana dalam salah satu pointnya memberhentikan Josep Renyaan dari jabatannya selaku Ketua KPU Malra, dan digantikan oleh Rahayaan Abidin, padahal rapat tersebut tidak diketahui oleh Renyaan sendiri selaku Ketua KPU Malra.

Selain itu, kata Russel dalam surat tersebut tercantum cap atas nama KPU Malra yang mana cap tersebut tidak pernah ada di KPU Malra.

Merasa tidak puas dan dirinya dirugikan, Renyaan kemudian melaporkan kasus ini ke Polres Malra untuk diproses sesuai prosedur hukum yang berlaku.

Tindakan Renyaan ini didukung juga surat pernyataan salah satu anggota KPU Malra Sebastianus Masreng tertanggal 22 November 2009 yang menyatakan bahwa KPU Malra belum pernah melaksanakan rapat pleno membahas masalah internal lembaga KPU Malra, apalagi tentang pemberhentian Josep Renyaan selaku Ketua KPU Malra. (S-27)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Awan Tag

%d blogger menyukai ini: