Web Blog Pertama Penyedia Informasi Maluku Tenggara

18 Perahu layar akan mengikuti Darwin-Ambon Yacht Race 2010. Hal ini merupakan rangkaian acara menjelang Sail Banda 2010.

“Sebenarnya ada puluhan perahu layar telah menyatakan ketertarikannya untuk mengikuti event ini namun yang sudah memasukan data aplikasi kepada penyelenggara di Darwin hingga saat ini tercatat sebanyak 18 perahu layar,” jelas Koordinator Penyelenggara Darwin-Ambon Yacht Race 2010, Hellen de Lima kepada wartawan di Ambon, Jumat (25/6).

Dikatakan, proses pelepasan peserta Darwin-Ambon Yacht Race 2010 berlangsung pada 24 Juli bersamaan dengan pelepasan peserta Sail Banda 2010 Regatta yang merupakan bagian dari Sail Indonesia 2010. “Namun nantinya pelepasan peserta kedua event tersebut akan dilakukan dengan selisih waktu satu jam dan lokasinya pelepasan juga berbeda,” katanya.

Menurutnya, diperkirakan perahu pertama akan memasuki finish di Desa Amahusu pada 26 Juli. “Peserta Darwin-Ambon Yacht Race 2010 memang akan tiba lebih dulu di Ambon dibandingkan peserta Sail Banda 2010 Regatta karena rute yang ditempuh itu langsung dari Darwin menuju Ambon,” ungkapnya.Hellen menjelaskan, pihaknya sejak semula memang telah merencanakan akan menggelar joy sailing di Teluk Ambon pada 31 Juli namun pelaksanaannya akan disesuaikan dengan protokoler pengamanan karena saat itu sejumlah kapal perang negara sahabat telah berlabuh di Teluk Ambon.”Jadi nantinya acara tersebut akan kita koordinasikan lagi,” jelasnya.

Pihak penyelenggara, kata Hellen, bekerjasama dengan Dinas Pariwisata Kota Ambon juga telah menyiapkan sejumlah atraksi budaya yang akan ditampilkan pada acara pentas budaya di lokasi finish di Desa Amahusu. “Atraksi budaya yang ditampilkan nantinya bukan hanya berasal dari Desa Amahusu namun juga dari desa-desa lainnya di Pulau Ambon seperti dari Waai dan Naku. Selain atraksi budaya nantinya juga ada friendly games antara peserta dengan warga setempat,” katanya.
Hellen yang saat ini juga menjadi Ketua Bidang Humas dan Promosi Pengurus Besar (PB) Persatuan Olahraga Layar Seluruh Indonesia (Porlasi) mengatakan rata-rata setiap perahu layar tersebut diawaki oleh lima orang crew sehingga nantinya jumlah crew perahu layar peserta akan mencapai sekitar 100 orang.

“Nantinya juga Walikota Darwin dan para pendukung tim layar peserta akan datang dari Darwin dengan menggunakan pesawat khusus. Mereka akan datang untuk menghadiri acara penyerahan trophy Menteri Kebudayaan dan Pariwisata RI kepada pemenang Darwin-Ambon Yacht Race 2010,” katanya. Selain itu, nantinya pada acara penyerahan trophy tersebut akan dirangkaikan dengan peluncuran website pariwisata Maluku yang dibuat oleh PT Sandy Delima Tours and Travel.

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata Kota Ambon, M Kailuhu mengaku pihaknya ke depan akan menjadikan Desa Amahusu sebagai destinasi wisata bahari. “Kita merencanakan akan menjadikan Desa Amahusu sebagai destinasi wisata bahari sehingga akan menjadi lokasi berlabuhnya perahu-perahu layar,” katanya. Dikatakan, ke depan pembangunan sarana pendukung destinasi wisata bahari di Desa Amahusu akan disatukan konsep pengembangan Kota Ambon sebagai Water Front City.

sumber : http://hariansib.com/?p=128252#more-128252, Posted in Ekonomi & Keuangan by Redaksi on Juni 27th, 2010

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Awan Tag

%d blogger menyukai ini: