Web Blog Pertama Penyedia Informasi Maluku Tenggara

Tiga organisasi kepemudaan di Kota Tual yaitu, Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI), Himpunan Mahasiswa Indonesia (HMI) dan Persatuan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) mendukung upaya Pemerintah Kota (Pemkot) dan DPRD Kota Tual membuat perda tentang Sasi dalam rangka memberikan rasa kenyamanan bagi investor berinvestasi di Kota Tual.

Ketua KNPI Kota Tual, Ruslani Rahayaan kepada wartawan, kemarin mengatakan, masyarakat di Kota Tual sudah selayaknya memberikan apresiasi positif kepada Pemkot Tual dan DPRD Tual yang telah berupaya melahirkan Perda untuk keamanan dan kenyamanan investor di kota ini.

Dikatakan, sektor andalan untuk meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) bagi Kota Tual adalah bidang kelautan dan perikanan. Karena itu dengan adanya penandatangan kerjasama dengan PT. Maritim Timur Jaya (MTJ) merupakan suatu langkah maju yang bisa mendatangkan banyak investor ke daerah tersebut.

Ia berharap, dengan adanya Perda sasi tersebut, selain memberikan keamanan dan kenyamanan bagi para investor, para investor juga harus menghargai dan tidak mengganggu hak-hak adat yang berlaku Kota Tual, dan tidak turut masuk didalam ranah-ranah politik.
Ia mendesak, pemerintah untuk segera menciptakan regulasi yang menjamin keamanan dan kenyamanan, sehingga para investor memiliki payung hukum yang jelas.

Sementara itu, Ketua Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Kota Tual dan Maluku Tenggara, Galib Maswatu menyambut gembira penandatangan komitmen bersama antara Pemkot Tual dan DPRD Tual.

Menurutnya, perlunya jaminan keamanan dan kenyamanan bagi para investor, karena hal inilah yang menentukan maju mundurnya sebuah investasi.

Maswatu menyarankan, Perda Sasi ini nantinya tidak mencederai hak-hak rakyat, dan masyarakatpun harus menghargai apa yang menjadi hak atau milik perusahaan yang berinvestasi.

Ia memberikan apresiasi positif bagi PT MTJ sebagai investor yang bergerak di bidang perikanan karena telah memberikan kontribusi yang baik untuk membangun Kota Tual.

Ia berharap, PT MTJ dapat terus mempublikasi setiap kegiatan yang dilakukannya apalagi jika hal itu berkaitan dengan pembangunan Kota Tual maupun masyarakat. “Dengan adanya informasi yang diterima masyarakat, maka masyarakat akan tahu fungsi dan peran perusahaan untuk pembangunan di Kota Tual dan sekitarnya”, jelasnya.

Ia menyatakan kesediaan HMI membantu pemerintah memberikan kontribusi bagi pembangunan untuk kepentingan masyarakat.

Senada dengan KNPI Tual dan HMI, Persatuan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) pun menyatakan dukungannya kepada Pemkot Tual dan DPRD Tual yang akan menetapkan Perda Sasi.

Menurutnya, PMII mendorong agar Pemkot Tual dan DPRD Tual segera menetapkan Perda Sasi. “Kami mendorong Pemkot dan DPRD Tual agar segera melahirkan Perda Sasi, karena ini menyangkut adat dan budaya, serta keamanan dan kenyamanan para investor”, tandasnya.
Dia menyambut positif rencana Pemkot untuk audiens dengan para raja dan pemuka-pemuka adat, untuk meminta penjelasan tentang tata cara adat, serta tahu batas-batas tanah adat. (S-19)siwalima

Comments on: "OKP Tual Dukung Pemkot-DPRD Buat Perda Saksi" (1)

  1. muhamad nahwan said:

    APA HUBUNGAN SASI SEBAGAI KEARIFAN LOKAL LELUHUR DENGAN PT MARITIM TIMUR JAYA???

    sungguh sebuah eksploitasi atas hak ulayat dan adat yang sempurna dengan legitimasi pemerintah dan organisasi kepemudaan…..
    sahabat dan adindaku. jika hanya ingin berperan dalam pembangunan lokal maka masih banyak hal yang harus diperjuangkan. dimana dan dari mana sudut pandang yang dapat menjelaskan korelasi atas masalah ini???

    sasi itu merupakan sebuah item dalam norma dan hukum adat, jika pemerintah dan DPRD tidak mampu merumuskan perda Payung yang lebih tinggi statusnya bagaimana bisa dan acuan normatif apa yang dipakai dalam merumuskan perda sasi…. kelalaian dan turut serta berjamaah ini menunjukan kelemahan dan kemunduran peradaban dan kecerdasan masyarakat intelektual di bumi lar vul ngabal….. ” batang nuhu roa nangan”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Awan Tag

%d blogger menyukai ini: