Web Blog Pertama Penyedia Informasi Maluku Tenggara

MALUKUnews, Ambon: Wakil Kepala Kejaksaan Tinggi (Wakajati) Maluku, I Gede Sudiatmadja bungkam soal penanganan kasus dugaan korupsi APBD Kabupaten Maluku Tenggara (Malra) 2007-2009 yang kini telah naik ke penyidikan. Padahal tim jaksa yang menangani kasus ini, berada di bawah kendali wakajati. “Saya belum bisa kasih keterangan, karena belum diberikan kewenangan. Masih ada Pa Kajati, ada Kasi Penkum. Kalau sudah diberikan kewenangan oleh Pa Kajati baru saja jawab”, ujar wakajati ketika dicegat pers di halaman Kantor Kejati Maluku, kemarin.

Jawaban yang sama pula ketika ditanyakan soal pemeriksaan tim sembilan Pemerintah Kota Ambon dalam kasus dugaan korupsi pembelian tanah untuk pembangunan gardu induk PLN.

“Saya walaupun jadi ketua tim, tetapi saya tidak bisa jawab”, ujarnya sambil buru-buru menaiki mobil dinasnya.

Untuk diketahui, tiga kasus dugaan korupsi APBD Kabupaten Malra yang dinyatakan naik ke tahap penyidikan masing-masing pertama, dugaan korupsi dalam proyek pembangunan kantor Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kabupaten Maluku Tenggara (Malra) tahun 2008, yang merupakan salah satu dari kasus dugaan korupsi APBD Malra tahun 2007-2009 senilai Rp. 5.202.963.057.

Kedua, dugaan korupsi dalam pekerjaan pemeliharaan berkala jalan hotmix ruas Jalan Tamangil-Weduar di Kecamatan Kei Besar.

Pekerjaan ini bersumber dari DAK Bidang Infrastruktur tahun 2007 sebesar Rp. 3.275.000.000,- telah dikucurkan dan dilaksanakan oleh PT. Karya Bumi Nasional Perkasa dengan nilai kontraknya sebesar Rp. 3.197.775.000,-.

Ketiga, dugaan korupsi pengadaan tanah untuk Tempat Pamakaman Umum (TPU) tahun anggaran 2008 yang nilainya mencapai Rp. 500 juta lebih.

Sumber Siwalima menyebutkan kasus ini resmi dinaikan dari tahap penyelidikan ke tahap penyidikan berdasarkan hasil ekspos tim penyidik Kejati Maluku di Kejaksaan Agung (kejagung) beberapa waktu lalu.

Namun, anehnya tidak ada perintah dari Kepala Kejati (Kajati) Sugiarto untuk melakukan proses pentahapan dalam tahap penyidikan.

Kajati maupuan Wakajati I Gede Sudiatmaja terkesan cuek terhadap penuntasan kasus ini. Buktinya, hingga kini tidak ada perintah ataupun arahan kepada bidang terkait untuk melanjutkan tahap penyidikan kasus tersebut. (S5)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Awan Tag

%d blogger menyukai ini: