Web Blog Pertama Penyedia Informasi Maluku Tenggara

Langgur, 18/9-2010…..

Kehadiran WWF-indonesia di Kepulauan Kei dalam rangka membantu masyarakat dan melindungi lingkungan, hal ini dikatakan Perwakilan Direktur WWF-Indonesia Creusa Hitipeuw mengungkapkan hal itu kepada Kontributor Dishubkominfo Maluku Tenggara, disela-sela Semiloka Multipihak pengelolaan Sumber Daya  Alam  yang berlangsung di aula Kantor Bupati Maluku Tenggara .

Creusa Hitipeuw mengatakan bahwa WWF-Indonesia hadir untuk membantu masyarakat dan Pemerintah Daerah Maluku Tenggara dalam konservasi laut dengan sektor andalan yaitu perikanan dan Parawisata.

Menurut Creusa Hitipeuw setelah kegiatan ini akan dibentuk tim bersama yang dikoordinir BAPPEDA Kabupaten Maluku Tenggara untuk membuat langkah-langkah kongkrit  yang kemudian  dijadikan  program pemerintah.

Ketika ditanya tentang apa yang menarik sehingga WWF-Indonesia hadir di Kepulauan Kei, Creusa Hitipeuw salah satu kaum perempuan yang prihatin lingkungan ini, menjelaskan  kehadiran WWF-indonesia karena Tabob atau Penyu Belimbing, sebab sekian lama bekerja di Papua namun populasi Penyu belimbing di Pasifik terus menurun, karena spesies tersebut mencari makan didaerah ini,  selain itu spesis ini memiliki hubungan budaya dengan masyarakat Kei khususnya masyarakat adat Nufit.

Creusa Hitipeuw lebih lanjut menjelaskan  Dalam melakukan hal upaya konservasi pihaknya memakai pendekatan Pengolahan Kawasan Konservasi Laut Daerah, Supaya aspek-aspek pengolahan yang berdampak bagi masyarakat sekitar dilakukan dalam konteks pengolahan konservasi masyarakat sekitar.

Olehnya itu ia berharap agar masyarakat melihat ini sebagai peluang, karena Tabob sebagai  identitas kultur masyarakat Nuvit dimana pihaknya sangat merespon pandangan masyarakat lokal tentang makanan pusaka dari nenek moyang, tetapi dari konservasi pihaknya yakin bahwa sumber daya alam ada batasnya. Sehingga diharapkan kita bahu-membahu untuk mengelolah dalam arti memanfaatkannya untuk tujuan wisata karena akan membawa kesejahteraan bagi masyarakat dan Pemerintah Daerah Maluku Tenggara.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Awan Tag

%d blogger menyukai ini: